5 Hal Tentang Kompetisi Golf Wanita di Olimpiade Paris 2024

Kompetisi golf wanita di Olimpiade Paris 2024 akan dimulai pada hari Rabu di Le Golf National, yang terletak tidak jauh dari Paris. Enam puluh pegolf wanita terbaik dunia akan bersaing di luar Kota Cahaya ini, berjuang untuk meraih tempat di podium dan medali emas yang sangat diidamkan. Berikut lima hal yang perlu Anda ketahui menjelang kompetisi golf wanita di Olimpiade Paris.

Komposisi Peserta

Sebanyak 33 negara diwakili dalam lapangan 60 pemain di Le Golf National, dan dua di antaranya akan memiliki tiga atlet yang berkompetisi. Tim AS akan menurunkan Nelly Korda, peraih medali emas dan peringkat satu dunia dalam Rolex Women’s World Golf Rankings, yang kembali mewakili Merah, Putih, dan Biru. Dia akan ditemani oleh juara major dua kali Lilia Vu dan pemenang LPGA Tour dua kali Rose Zhang, yang keduanya akan membuat debut Olimpiade mereka. Republik Korea juga memiliki tiga wakil, termasuk Jin Young Ko, juara LPGA Tour 15 kali, Amy Yang, pemenang KPMG Women’s PGA Championship 2024, dan Hyo Joo Kim, juara major.

Lapangan ini juga menampilkan Shannon Tan, pegolf pertama dari Singapura yang berkompetisi dalam turnamen golf Olimpiade, dan Minjee Lee, yang saudaranya Min Woo Lee juga mewakili Australia dalam kompetisi pria yang berakhir pada 4 Agustus. Yuka Saso, pemenang U.S. Women’s Open dua kali, juga akan tampil di Le Golf National dan akan mewakili Jepang untuk pertama kalinya setelah mendapatkan kewarganegaraan Jepang pasca-Olimpiade Tokyo. Dia sebelumnya mewakili Filipina dan finis di urutan kesembilan di Jepang.

Peraih Medali Tahun Lalu

Dua peraih medali dari Olimpiade 2020 akan tampil di lapangan tahun ini. Nelly Korda meraih medali emas di Kasumigaseki Country Club, Jepang, dengan selisih satu pukulan dari Mone Inami dan Lydia Ko, setelah total empat hari 17-under. Inami dan Ko sama-sama finis di 16-under dan harus memainkan hole tambahan untuk menentukan siapa yang meraih perak dan perunggu. Inami akhirnya mengalahkan Ko dalam playoff mati untuk meraih medali perak, sementara Ko meraih perunggu, yang merupakan medali Olimpiade keduanya setelah meraih perak pada 2016 di Rio. Inami tidak memenuhi syarat untuk mewakili Jepang di Olimpiade Paris 2024.

Le Golf National

Le Golf National adalah tempat yang sangat dikenal di golf pria, karena fasilitas ini setiap tahun menjadi tuan rumah FedEx Open de France di DP World Tour dan menjadi tempat Ryder Cup pada tahun 2018. Namun, tempat ini tidak begitu dikenal di kalangan pemain wanita di Olimpiade kali ini. Hanya sedikit dari 60 pemain yang pernah bermain di lapangan ini, yang terletak di barat daya Paris, sehingga mengurangi keuntungan bagi mereka yang memiliki pengalaman Olimpiade sebelumnya. Le Golf National dirancang oleh Hubert Chesneau dan Robert von Hagge dengan bantuan Pierre Thevenin dan dibuka pada tahun 1990. Selain acara-acara yang disebutkan, lapangan ini juga telah menjadi tuan rumah World Amateur Team Championships, Eisenhower Trophy, dan Espirito Santo Trophy.

Aksi Adik dan Kakak

Minjee Lee berkompetisi dalam Olimpiade ketiganya minggu ini, tetapi kali ini terasa lebih spesial bagi pegolf Australia berusia 28 tahun ini karena dia dapat berbagi pengalaman dengan adiknya, Min Woo. Ini adalah pertama kalinya Min Woo mewakili Australia di Olimpiade, dan dia finis di urutan ke-22 setelah mencatat total 72 hole 7-under di Le Golf National. Minjee masih berusaha meraih medali Olimpiade pertamanya dan akan berusaha memperbaiki penampilannya yang finis di posisi ketujuh di Rio dan ke-29 di Tokyo minggu ini di Paris.

Sejarah Golf Wanita di Olimpiade

Satu-satunya kali kompetisi golf wanita diadakan di Olimpiade sebelum tahun 2016 adalah pada Olimpiade Paris 1900. Podium saat itu dikuasai oleh pegolf Amerika, dengan Margaret Abbott meraih emas, Pauline Whittier meraih perak, dan Abbie Pratt meraih perunggu. Golf wanita dihapus dari Olimpiade setelah 1900, dan baru kembali pada Olimpiade Rio 2016 setelah lebih dari satu abad. Inbee Park memenangkan emas tahun itu, Lydia Ko meraih perak, dan Shanshan Feng meraih perunggu di Brasil. Kompetisi golf wanita diadakan lagi di Olimpiade Tokyo 2020 dan Nelly Korda meraih emas, Mone Inami meraih perak, dan Lydia Ko meraih perunggu.

Sumber: LPGA