Jon Rahm Raih Gelar Pertamanya Sejak Bergabung Dengan LIV Golf

Jon Rahm meraih gelar LIV Golf pertamanya pada hari Minggu setelah rekan setimnya, Tyrrell Hatton, gagal melakukan putt par 6 kaki di No. 18, yang bisa memaksakan playoff di LIV United Kingdom yang berlangsung di Rocester, Inggris.

Rahm mencetak 4-under-par 67, unggul satu pukulan dengan total 13-under 271 di JCB Golf and Country Club. Pegolf Spanyol ini mencatat lima birdie di No. 2, 6, 10, 12, dan 13 sebelum membuat satu-satunya bogey dengan tiga putt di par-3, 231 yard No. 17 dan menutupnya dengan par.

Sebagai kapten tim Legiun XIII yang menang, Rahm menyelesaikan satu hole di depan Hatton, yang sebelumnya berada di posisi 13-under. Puttnya di No. 18 meleset ke kanan hole.

“Saya harus memberikan pujian besar kepada Tyrrell,” kata Rahm. “Dia pemain yang luar biasa, dan saya tidak ingin melihatnya berakhir seperti itu. Saya hampir berharap kami bisa menyelesaikannya di babak playoff.”

Hatton, yang menerima bogey dan mencetak 69 pada hari itu, menyelesaikan pertandingan bersama Joaquín Niemann dari Chili (65 pada hari Minggu) dan Cameron Smith dari Australia (69) dengan total 12-under untuk tempat kedua.

Hatton kehilangan dua pukulan karena double bogey di par-4, 485 yard No. 6 yang diapit oleh dua birdie. Dia mencetak lima birdie pada ronde ini di No. 3, 5, 7, 12, dan 13. Niemann mencatat tujuh birdie dan satu bogey, sedangkan Smith meraih lima birdie dan tiga bogey.

“Ini sulit karena saya merasa tidak membuat banyak kesalahan di enam atau tujuh hole pertama, tetapi saya berada di atas par,” kata Smith. “Benar-benar hanya bertahan. Ini menunjukkan apa yang bisa Anda capai, bahkan jika Anda tidak terlibat sejak awal hingga hampir menang. Ya, bagus untuk bertahan dan membuat beberapa pukulan bagus di bawah tekanan.”

Rahm, yang meninggalkan PGA Tour pada bulan Desember dan menjadi pegolf nomor tiga dunia, belum meraih kemenangan sejak Masters 2023.

Ia memulai hari di posisi keempat setelah putaran 8-under 63 membawanya ke puncak papan peringkat setelah putaran pertama pada hari Jumat. Rahm berencana untuk mewakili Spanyol di Olimpiade Paris.

Pemimpin putaran kedua Andy Ogletree, yang sedang mencari gelar LIV Tour pertamanya, turun ke posisi imbang lima arah untuk tempat keenam dengan 9-under. Ia mencatatkan 3-over 74 dengan empat birdie, satu bogey, dan tiga double bogey.

Sumber: ESPN