Seorang Pilot Berhasil Selamat Setelah Melakukan Pendaratan Darurat di Lapangan Golf.

Seorang pilot dan seorang penumpang berhasil selamat setelah pesawat mereka melakukan pendaratan darurat di lapangan golf di California pada hari Minggu.

Insiden ini terjadi di Kompleks Golf Haggin Oaks sekitar pukul 13:18, seperti yang dikonfirmasi oleh Departemen Pemadam Kebakaran Sacramento kepada Fox News Digital. Pesawat kecil yang terlibat adalah Piper PA28 bermesin tunggal, dan berhenti di dekat bengkel peralatan setelah hampir menabrak beberapa orang, menurut video pengawasan.

Kapten Justin Sylvia, juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Sacramento, menjelaskan bahwa pilot mengalami kerusakan mekanis yang menyebabkan pesawat kehilangan tenaga. Pada ketinggian sekitar 400 kaki, pilot memutuskan untuk mendarat di fairway lapangan golf. Pilot tersebut hanya mengalami luka ringan di tangannya dan berhasil keluar dari pesawat dengan selamat.

“Pilot memilih lapangan golf karena merupakan lokasi yang luas dan terbuka,” kata Sylvia kepada FOX40. “Kami sangat beruntung tidak ada seorang pun, termasuk pilot, yang terluka.” Pada 4 Agustus 2024, pesawat tersebut mendarat dengan satu penumpang yang hilang. (Diperoleh oleh FOX40/KTXL)

Sylvia menambahkan bahwa pilot dibawa ke rumah sakit sekitar 45 menit setelah kejadian karena merasa tidak enak badan. Tidak ada cedera lain yang dilaporkan.

Pesawat tersebut mengalami kebocoran bahan bakar, tetapi tidak terbakar. 

“Kami mendengar ledakan, tapi tidak tahu apa itu,” kata pegolf Tim Cowan kepada FOX40. “Ini yang pertama kalinya. Kurasa ini sudah dicoret dari daftar keinginanku.”

Charlie Lewis, seorang karyawan lapangan golf, menggambarkan kecelakaan tersebut sebagai “belum pernah saya lihat sebelumnya” dan “gila”. Pesawat berhenti di depan toko perlengkapan golf di lapangan golf.

Saat pesawat mendarat, pesawat tersebut melintasi lapangan latihan sebelum berhenti di depan gedung pro shop. Kerusakan pada fasilitas kecil dilaporkan oleh Kompleks Golf Haggin Oaks di Facebook.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemadam kebakaran dan petugas penegak hukum atas respons cepat dan profesional mereka,” kata postingan tersebut. Restoran dan toko peralatan golf ditutup selama sisa hari itu, tetapi toko super golf dan lapangan golf tetap buka setelah kejadian.

Sumber: Netizen media