3 Macam Teknik Memegang Raket Bulutangkis

Ada baiknya sebelum kita berolahraga, kita memahami terlebih dahulu Teknik – Teknik dasar olahraga yang ingin kita laksanakan. Ada berbagai Teknik – Teknik dasar yang harus kita pelajari dalam olahraga Bulu Tangkis. Berikut merupakan 3 teknik memegang raket Bulu Tangkis yang harus kamu ketahui :

Teknik memegang raket

Teknik memegang raket merupakan teknik dasar yang perlu dikuasai karena hal ini akan menentukan keberhasilan memukul kok dalam permainan bulu tangkis.

Berikut empat teknik memegang raket atau grip yang dapat digunakan sesuai kebutuhan dan kenyamanan pemain bulu tangkis.

American grip

American grip merupakan teknik memegang raket yang umum digunakan oleh pemain bulu tangkis ketika memukul bola-bola atas. Teknik ini dapat membuat pemain memukul bola ke kanan maupun kiri dan paling efektif untuk melakukan smash.

Forehand grip
Forehand grip merupakan teknik memegang raket yang tepat untuk melakukan pukulan kok secara mudah, khususnya pada sebelah kanan tubuh. Keuntungannya, teknik memegang raket ini membuat pukulan mudah dilakukan.

Cara melakukan forehand grip, yakni dengan memegang raket pada posisi miring. Pastikan posisi ibu jari dan telunjuk tidak berubah-ubah.

Backhand grip
Backhand grip merupakan teknik memegang raket yang dilakukan dari sisi berlawanan dengan pemain. Pegangan backhand diterapkan untuk taktik bertahan. Sebab, pegangan ini dapat meng-cover kok yang datang di area pinggang ke bawah.

Cara melakukan backhand grip, yakni pegang raket dalam posisi miring. Lalu, posisikan ibu jari ada di bagian belakang handle atau pegangan raket. Sementara jari-jari lain bisa diposisikan di bagian depan.


Combination grip
Combination grip merupakan teknik memegang raket dengan mengombinasikan semua teknik yang ada menjadi satu. Dengan teknik ini, pemain akan mudah melakukan perubahan handle dan menyesuaikan penggunaan raket sesuai arah datang kok dari lawan.

Source : CNNINDONESIA