Inilah Cara Memilih Sepatu Golf yang Benar

Salah satu perlengkapan yang perlu dan penting dipakai saat bermain golf adalah sepatu. Terdapat dua jenis sepatu golf untuk pria, yaitu spike (sol berpaku logam atau plastik) dan spikeless (sol bergerigi karet). Oleh sebab itu sepatu golf spikeless semakin banyak digemari, terutama oleh para pemula, karena dapat dikenakan di dalam dan luar lapangan.

Pada sepatu golf jenis spike ini memiliki paku yang lentur di bagian solnya. Tetapi, sepatu ini tidak dapat dikenakan saat di luar lapangan golf karena dapat merusak spike dan lantai. Kemudian Anda pun harus mengganti sepatu saat keluar lapangan sehingga sangat merepotkan. Hal ini yang mendasari produsen menciptakan sepatu golf spikeless.

Sepatu spikeless ini memiliki desain yang stylish sehingga dapat digunakan juga untuk kegiatan jika di luar lapangan, seperti pergi ke kafe atau berkendara. Kemudian keunggulan lain dari spikeless golf shoes adalah bobotnya yang ringan. Jadi saat Anda memakai sepatu ini, kaki Anda akan terasa nyaman layaknya sedang memakai sneakers. Sepatu ini juga biasanya dipakai oleh pria yang baru pertama kali bermain golf atau orang tua yang mudah lelah.

Meskipun begitu, sepatu golf pria model spikeless ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya yaitu pada cengkeraman atau traksi dari sepatu ini kurang begitu kuat, terlebih di lapangan yang basah. Solnya juga bisa cepat menjadi aus apabila terlalu sering dipakai saat di luar lapangan. Pada jenis sepatu ini juga mungkin terlalu kasual apabila Anda mengenakannya untuk permainan golf profesional.

Kemudian pada karet atau rubber ini merupakan bahan paling populer dalam pembuatan sol sepatu golf model spikeless. Dengan karakteristik material yang elastis, tahan air, kuat, serta tidak mudah aus. Karena itu, sol berbahan karet banyak digunakan pada sepatu untuk mobilitas tinggi, termasuk sepatu golf. Pada samping karet, terdapat juga sol berbahan lain, seperti PU (poliuretan), TPU (thermoplastic polyurethane), dan EVA (ethylene-vinyl acetate).

Namun, Anda juga harus memperhatikan bahwa lapangan golf dipenuhi rumput-rumput yang akan menjadi licin saat basah atau terkena hujan. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda bisa tergelincir saat berputar dan mengayunkan stik golf. Karena sol berbahan karet cenderung menjadi licin saat terkena permukaan yang basah.

Kemudian untuk Anda mencegah cedera, carilah sepatu golf dengan outsole (sol) yang dapat mencengkeram tanah dengan baik dan antislip. Dan caranya adalah dengan memilih sepatu bersol timbul dan memiliki banyak gerigi. Dan anda juga bisa memeriksa keterangan pada produk yang menyatakan bahwa sol mereka bersifat antislip dan memiliki grip yang kuat.

Selain outsole, Anda juga perlu memeriksa bahan dari bagian atas sepatu atau upper. Pada bagian ini berfungsi untuk membungkus kaki dan melindunginya dari panas, debu, air, serta kotoran lainnya. Upper sepatu golf spikeless pria terbuat dari bahan yang bervariasi. Karenanya, pilihlah bahan upper yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kemudian, faktor bobot dari spikeless golf shoes juga tidak boleh dilewatkan. Dalam permainan golf, Anda perlu berjalan sepanjang hari. Jadi, penting untuk memilih sepatu yang nyaman dan tidak membuat kaki lelah saat digunakan untuk berjalan. Dan dengan sepatu berbobot ringan, kaki Anda dapat lebih leluasa bergerak dan tidak pegal meski telah bermain golf cukup lama.

Sumber : my-best.id