Alan Shepard, Manusia Pertama yang Bermain Golf di Bulan

Alan Shepard adalah komandan Angkatan Laut Amerika Serikat yang menjadi warga Amerika pertama yang berhasil ke luar angkasa, sekitar 60 tahun yang lalu. Di masa itu memang antara Amerika Serikat dan Uni Soviet sedang gencar gencarnya menjelajah luar angkasa. Masa ini disebut sebagai “Space Race” atau perlombaan ke luar angkasa. Peristiwa ini juga merupakan bagian dari perang dingin antara Rusia dan Amerika Serikat.

Nah, sepuluh tahun semenjak Alan Shepard ke luar angkasa, ia kemudian kembali meluncur ke luar angkasa dalam misi Apollo 14. Dalam misi tersebut juga membuat dirinya menjadi manusia ke-5 yang berhasil menapakkan kakinya di permukaan bulan.

Ada hal unik yang terjadi saat peluncuran misi Apollo 14. Alan Shepard yang menyukai golf melakukan sedikit “kekonyolan”. Ia pergi ke luar angkasa dengan menyelundupkan potongan potongan stik golf yang mudah dirakit dan 2 buah bola golf. Tentunya hal ini sangat bertentangan dengan aturan ketat yang dikeluarkan NASA, yang melarang untuk membawa barang yang bersifat bukan kebutuhan penting astronot.

Alan Shepard yang melanggar tentunya secara diam diam membawanya. Setelah sampai di bulan dan menyelesaikan seluruh misinya, Ia mulai merangkai stik golf yang ia bawa. Kemudia ia keluar dan menaruh bola golf pertama, namun saat melakukan swing ia gagal dan membuat bolanya menghilang. Ia terus saja mengoceh tentang bola pertamanya. Tak lama ia pun mulai menyiapkan bola kedua, ia berhasil melakukan swing pada bola kedua. Karena perbedaan gravitasi, bola golf kedua meluncur dengan sangat jauh. Alan pun senang dan bersiap kembali ke bumi.

Saat ia sampai ke Bumi, seluruh orang yang menyaksikannya sangat terpukau. Stik golf yang ia milikipun disimpan ke Museum USGA, sebagai stik golf pertama yang dimainkan selain di bumi. Stik ini juga menjadi salah satu bukti perjalanan manusia ke bulan. Sedangkan bola golf miliknya tetap hilang di luar angkasa dan tidak ditemukan sampai saat ini.

Sumber : tabssatu.com

Open chat