Olahraga Menerus tapi Berat Tak Kunjung Turun?

Halo sobat, pasti kalian bertanya tanya bagaimana agar diet berhasil dalam kehidupan kita. Diet adalah suatu cara menurunkan berat badan dengan cara membatasi asupan kalori dalam sehari. Banyak orang gagal dalam melakukan diet bahkan berat badan mereka menjadi menambah. Bingung Mengapa Diet Selalu Gagal? Ini Solusi Agar Diet Berhasil

Penyebab diet gagal sebagai berikut :

1. Menganggap remeh diet

Menganggap remeh diet adalah perilaku yang salah, jika ingin merubah sesuatu jangan meremehkan hal yang akan dijalani. Diet tidak akan berhasil kalau pikiran menganggap sepeleh diet yang di jalani. Sebagai contoh seseorang sedang menjalani diet a sudah 3 hari orang tersebut menjalani diet a, tetapi setelah orang tersebut melihat makanan enak, orang tersebut mengikuti nafsunya yang dapat menggagalkan diet yang di jalani orang tersebut dan orang tersebut pasti berkata “skali-kali mungkin boleh makan makanan ini,dietnya dilanjutin besok aja”.seperti contoh tersebut, diet tidak boleh dianggap remeh. Hargai diet yang di jalani dapat membantu kesuksesan diet. 

2. Tidak dapat menahan nafsu

Nafsu adalah musuh utama diet, jika nafsu tidak dapat di tahan, 100% diet akan gagal.

3. Memilih diet yang rumit

Semakin rumit diet yang di jalankan, semakin besar kegagalan diet yang di jalankan.

4. Tidak berkomitmen 

Semua pekerjaan dan usaha harus ada komitmen yang mendasarinya kalau tidak ada komitmen akan semakin banyak yang akan di langgar.

5. Labil 

Labil atau bimbang dapat membuat diet gagal. Lebih baik mantap kan hati sebelum memulai sesuatu diet.

Cara melancarkan dan agar diet berhasil sebagai berikut :

1. Buatlah rancangan diet sendiri Banyak sekali macam-macam diet di luar sana seperti diet mayo,diet ocd, diet bebas gluten . Lupakan diet-diet tersebut karena kebanyakan diet gagal karena diet tersebut tidak cocok dengan tubuh anda.untuk membuat diet sendiri, anda harus membuat pantangan dalam diet yang anda buat , buatlah daftar asupan perhari anda sendiri, buatlah asupan kalori anda sendiri. Lebih simple diet yang anda buat, semakin besar peluang anda berhasil menjalani diet.

2. Yakinkan diri anda bahwa anda dapat berubah Pasti ada saat dimana anda merasa bimbang saat menjalani diet , rasa kawatir apakah diet yang dijalani akan berhasil, mampukah menjalani diet, bimbang saat ada banyak makanan enak di depan mata anda, semua itu adalah perasaan yang lumrah di rasakan oleh kebanyakan orang yang menjalani diet. Yakin kan diri anda bahwa anda berhak berubah,walaupun banyak sekali cobaan berupa nafsu, pasti jika anda taat dengan diet anda tujuan anda akan terwujud. Selalu ingat tujuan anda melakukan diet.tersiksa di awal tetapi diakhir bahagia.

3. Sering-sering melihat cermin

Pasti ada saat dimana nafsu menyuruh anda menggagalkan diet anda,tapi jangan diikuti nafsu tersebut, ingat nafsu adalah musuh utama diet. Jika anda merasa ingin mengikuti nafsu tersebut, lihatlah ke cermin. Lihatlah badan anda di cermin tersebut, apakah badan anda sudah ideal?, apakah tonjolan-tonjolan di tubuh anda enak di pandang?,saat anda melihat ke cermin bayangkan tubuh yang anda impikan,apakah sama seperti yang di inginkan ? Hanya anda yang tahu.

4. Buatlah 1 hari bebas peraturan diet

Diet memang menguras kesabaran, untuk memberi hadiah kepada diri anda, buatlah satu hari dietengah- tengah diet anda dimana pada hari yang di tetapkan tersebut anda dapat memakan segalanya tanpa pengecualian. Contohnya, seseorang menjalani diet dari senin sampai sabtu, sebagi reward dari diet yang di jalaninya orang tersebut menetapkan setiap seminggu sekali ada satu hari orang tersebut bisa makan segalanya tanpa memikirkan diet yang di jalaninya atau dalam satu minggu orang tersebut melakukan diet 6 hari dan 1 ha ri bebas tanpa diet. Berikan reward dari kerja keras yang anda lakukan.

5. Buatlah resep makanan diet sehari sebelum diet di mulai

Membuat resep dan memasak sendiri dapat mengatur kalori yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya, seseorang ingin melakukan diet esok harinya, orang tersebut membuat resep makanan yang akan orang itu makan saat diet esok hari. Jadi buatlah resep dan makanan sendiri sesuai selera anda.

6. Tentukan kalori yang ingin anda kurangi dalam sehari

Sebelum anda melakukan diet, anda terlebih dahulu harus mengetahui asupan normal kalori perhari anda. Jika sudah mengetahui asupan kalori normal perhari anda , pikirkan berapa kalori yang akan anda kurangi. Contohnya, seseorang yang menjalani diet mempunyai asupan kalori normal 2000kkal, setelah orang tersebut  mengetahui asupan kalori normalnya, orang tersebut menentukan akan mengurangi 800kkal dari asupan kalori normalnya, jadi orang tersebut  akan menjalani diet 1200kkal.

7. Tidak akan ada hasil tanpa usaha

Setiap usaha pasti ada hasilnya. Jika tujuan anda ingin mempunyai tubuh ideal yang anda impikan, tidak mungkin hal tersebut akan terwujud tanpa usaha . Mantapkan hati dan pikiran anda sebelum diet. Diet akan berhasil kalau di barengi usaha dan kesabaran.

Itulah cara agar diet berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat.

Copyright © DFRCollection

Photo source by Google